Berbagai Cara untuk Memfilter Hasil Pencarian Search Engine

For English version, click here.

Bagaimana menurut anda bila anda bisa menghilangkan domain xyz.com misalnya, dari hasil pencairan Google anda selamanya, setiap kali anda mengetik di kotak pencarian Google? Dan juga dapat mengatur daftar blacklist tersebut langsung dari akun Google anda?

Seindah apapun kedengarannya, pada saat artikel ini dituliskan, hal tersebut adalah mustahil. Saya jamin.

Permasalahan ini sebenarnya sudah beredar lama sekali, dan solusi-solusi yang ada seperti berserakan di seluruh internet. Hari ini saya ingin menyatukan informasi tersebut untuk anda gali.

Sebelum kita mulai, ijinkan saya merangkum informasi yang ada, bahwa sekalipun dengan permintaan yang luar biasa dari pengguna yang telah diterima oleh Google, tidak ada satupun tanda-tanda bahwa fitur semacam ini akan dibuat. Yah, memang ini sangat ada hubungannya dengan uang, dan para perusahaan yang memasang iklan tentu tidak ingin iklannya tidak keluar di google search oleh karena adanya fitur blacklist semacam ini. Tapi saya paham. Mereka membayar dan mengeluarkan uang. Kita tidak. Jadi bagaimanapun kita harus mengikuti aturan yang diberlakukan google.

Tapi bagaimanapun itu, orang-orang yang tidak puas pasti akan mencari jalan keluar bagaimana agar hasil-hasil pencarian yang tidak mereka harapkan itu tidak akan mereka lihat lagi di hasil pencarian google mereka. Dan inilah metode-metode yang sudah saya temukan dan pelajari sejauh ini. Di sini saya mencantumkan dari metode yang paling mudah (dan tentunya paling cepat untuk digunakan), sampai metode yang cukup “canggih” (walaupun “canggih”, bukan berarti sulit koq). Yang mana yang akan anda pakai, semua bergantung pada kebutuhan anda. Metode yang satu bisa jadi lebih efektif pada keadaan tertentu daripada metode yang lain.


Bagaimana untuk memblokir sejumlah hasil pencarian

1. Tambahkan simbol minus (-) di depan kata pencarian yang anda tidak ingin munculkan
Mencari gunung -fuji akan memberikan halaman berisi “gunung”, tanpa kata-kata  “fuji” di dalamnya.
Mencari gunung -www.wikipedia.org akan memberikan hasil halaman apapun yang memiliki kata “gunung”, di luar domain wikipedia.org, termasuk halaman-halaman lain yang memiliki kata-kata wikipedia.org.
Berlaku untuk: Google, Yahoo, Bing 

2. Tambahkan kode “site:” untuk mencari dalam domain tertentu
Kalau anda tahu bahwa hasil dari pencarian hanya relevan bila dicari dalam domain tertentu,
memasukkan site:www.wikipedia.org gunung contohnya, akan mencari, dan hanya mencari, di dalam http://www.wikipedia.org untuk kata “gunung”.
Berlaku untuk: Google, Yahoo, Bing 

3. Menggunakan Custom Search Engine Google untuk membuat sebuah whitelist
Custom Search Engine dari Google akan memberikan anda sebuah form untuk diisi daftar site yang anda inginkan sebagai sumber pencarian. Jadi bila anda sering menggunakan google untuk melakukan pencarian bagi riset anda, anda bisa memasukkan daftar site-site yang memang berhubungan dengan riset anda, dan lain kali bila anda melakukan pencarian menggunakan custom search engine, google hanya akan mencari di dalam daftar yang anda berikan tersebut. Jangan lupa, anda dapat membuat bermacam-macam custom search engine.
Berlaku untuk: Google

NB: Bing seharusnya juga memiliki custom search engine sendiri, tapi mereka menutupnya per 4 Feb 2011.

4. Menggunakan Add-on untuk memfilter hasil pencarian
Ada beberapa add-on untuk browser tertentu yang didesain untuk memfilter hasil pencarian. Beberapa di antaranya:

Saya tidak bisa menemukan add-on yang mirip di Opera dan Safari. Dan saya tidak bisa menemukan add-on yang bisa memfilter Yahoo dan Bing.

Untuk informasi, filter ini sebenarnya hanya menghilangkan hasil pencarian setelah Google mengirimkannya. Jadi bila anda mendapat 10 hasil dari google untuk pencarian anda, dan filter ini menghilangkan 2 di antaranya, maka anda hanya akan mendapatkan 8 hasil untuk halaman tersebut.
Berlaku untuk: Google

5. Menggunakan Google+ untuk meningkatkan ranking sebuah halaman
Dengan akun Google+, anda bisa meningkatkan “ranking” sebuah halaman dengan menekan tombol “+1” di sebelahnya. Dengan demikian, site dan domain yang anda sudah “+1” kan akan muncul lebih sering di dalam daftar pencarian anda. Tentu saja ini mengharuskan anda memiliki akun Google+ terlebih dahulu, dan tidak bisa digunakan untuk benar-benar memfilter hasil pencarian anda.
Berlaku untuk: Google


Yah, sejauh yang saya tahu, ini adalah semua cara yang anda bisa pakai untuk memfilter hasil pencarian anda dari hasil-hasil yang tidak diharapkan. Kalau ada yang saya lewatkan, sudilah anda melengkapi informasi saya. 🙂 Trims.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s